SEPEKAN, MERIAHKAN MAULID NABI

KUDUS-Memeriahkan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, Madrasah Qudsiyyah Kerjasan Kudus menyelenggarakan kegiatan Sepekan penuh. Ini dimaksudkan sebagai wujud kecintaan serta berupaya meneladani perilaku Rasulullah SAW.

Beberapa agenda tersebut antara lain pagelaran perlombaan antarsiswa yang biasa disebut dengan Class Meeting. Kegiatan perlombaan in merupakan kegiatan rutin tahunan yang dipandegani oleh Persatuan Pelajar Qudsiyyah (PPQ) yang digelar di bulan Maulid.

Tahun ini, kegiatan tersebut dimulai pada Sabtu (12/2/2011) hingga Selasa (15/2/2011) mendatang. Berlangsung di madrasah Qudsiyyah Kudus,kegiatan tersebut ramai diikuti oleh para siswa Qudsiyyah di berbagai tingkatan, yakni mulai dari tingkat MI, MTs, dan MA.

Dalam class meeting tersebut beberapa perlombaan terdiri dari sestu yang bersifat hiburan, ketangkasan hingga perlombaan yangmemerlukan kecerdasan dan intelektualitas. Beberapa pertandiangan olahraga juga menjadi agenda yang diminati para siswa, antara lain digelar pertandingan Futsal, Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Catur. Selain itu, juga yang bernuansa intelektualitas, seperti lomba karya tulis Ilmi’ah, pidato bahasa Indoensia, Arab dan Inggris, serta bahasa Jawa. Ada juga yangbernuasa religious, seperti Lomba rebana, kaligrafi, pembacaan Albarzanji, Adzan, talqin, hafalan bait-bait Alfiyyah, Hafalan hadis Arba’in, dan Sholawat.

Di hari pertama kemarin, perlombaan yang cukup jadi perhatian siswa antara lain pertandingan futsal perlombaan Rebana yang digelar di halaman MTs Qudsiyyah. Ratusan siswa terlihat memadati lapangan untuk melihat serta member semangat bagi para peserta lomba yang merupkan satu grup untuk melantunkan lagu-lagu islami. Lomba Rebana ini diminati karena siswa-siswa di madrasah yang telah berdiri sejak 1919 ini memang begitu mengidolakan Rebana, khususnya dengan grup Rebana madarsah Qudsiyyah, Almubarok yang terus eksis hingga sekarang.

“Class meeting ini merupakan rangkaian pekan Maulid madrasah Qudsiyyah,” ujar Ketua Umum PPQ, Chasan Albab. “Ini dalam rangka memeriahkan hari kelahiran nabi kita Muhammad SAW,” lanjutnya.

Dikatakan, dengan pekan perayaan maulid ini, diharapkan para siswa Qudsiyyah dapat merasakan kegembiraan atas kelahiran Nabi Muhammad saw. “Yang lebih penting lagi, para siswa dapat meneladani perilaku Rasul,” tandasnya.

Selain Classmeeting beberapa kegiatan yang akan digelar ialah khataman Alquran 30 juz yang akan diikuti oleh seluruh alumni madrasah Qudsiyyah yang hafal Alquran. Kegiatan direncanakan berlangusng pada Selasa (15/2/2011) nanti. Puncaknya akan diadakan pengajian yang dihadiri langsung oleh sesepuh madrasah Qudsiyyah, KH Sya’roni Achmadi, Rabu (16/2/2011) mendatang.(*)

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply