RIBUAN ALUMNI HADIRI HAUL MASYAYIKH

QUDSIYYAH, KUDUS-Ikatan Alumni Qudsiyyah (IKAQ) Kudus kembali menggelar agenda Haul Masyayikh (peringatan hari kematian para pendiri sekaligus guru-guru madrasah Qudsiyyah). Acara ini dipusatkan di tanah madrasah Qudsiyyah, di Jl KHR Asnawi Kelurahan Kerjasan dan Kelurahan Damaran, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus Selasa (3/5/2011) malam.

Acara puncaknya digelar pengajian umum yang menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dari Solo serta sesepuh madrasah Qudsiyyah KH M Sya’roni Achmadi. Sebelumnya akan digelar dengan berbagai macam acara.

Pada Selasa (3/5) pagi diselenggarakan berbagai perlombaan untuk anak-anak, lomba Sholawat dan lomba Rebana atau biasa dikenal dengan lomba terbang. Lomba sholawat diperuntukkan untuk siswa TK dan sederajat, sementara lomba Rebana bagi siswa SD dan MI.

Selasa (3/5) sore harinya, sejumlah alumni yang tersebar di Kudus serta luar kota, seperti Jepara, Pati, Demak, Semarang, dan Jakarta mengdakan ziarah dan tahlil ke makam para guru dan pendiri Madrasah itu. Diantaranya KH R Asnawi di komplek makam Masjid Menara Kudus dan ke makam KH Yahya Arif, KH Ma’ruf Asnawi, KH Ma’ruf Irsyad di pemakaman Sedio Luhur Bakalan Krapyak. Tak ketinggalan, seluruh siswa Qudsiyyah mulai dari tingkat MTs dan MA juga ikut berziarah dan tahlil yang dipimpin KH Nur Halim Ma’ruf.

Menurut Ketua Umum IKAQ, H M Ihsan, acara haul masyayikh sendiri dilaksanakan dalam rangka mengenang kembali jasa para sesepuh dalam mengembangkan madrasah yang telah berdiri tegak sejak tahun 1919.

“Terlebih, agenda ini dalam rangka menggali nilai-nilai luhur serta jasa para sesepuh dalam berdakwah,” ungkapnya.

Sedangkan tujuannya, lanjut Ihsan, agar dapat meneladani dan memberikan inspirasi dalam meneruskan perjuangan berdakwah para sesepuh dan guru.

“Semangat juang tanpa lelah dan tak kenal putus asa dari para guru patut kita tiru untuk memberikan semangat pada kita,” tambahnya.(*)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply