Halal Bihalal IKAQ Tekankan Kerukunan

QUDSIYYAH, KUDUS-Mesti terkadang ada perbedaan, kerukunan umat Islam, menjadi sangat penting untuk bagi kehidupan bangsa dan Negara Indonesia. Sebab, di negeri yang mayoritas berpenduduk muslim ini akan semakin berkembang dengan adanya kesatuan serta kerukunan umat.

Demikian salah satu hal penting yang mengemuka dalam Halal Bihalal Ikatan Alumni Qudsiyyah (IKAQ) Kudus, di halaman Madrasah Qudsiyyah, Kerjasan, Kota Kudus, Ahad (4/9/2011).

Sesepuh madrasah Qudsiyyah, KH M Sya’roni Ahmadi dalam ceramahnya menuturkan, pentingnya menjalin persatuan dan kesatuan, baik sesama umat muslim maupun dengan umat agama lain. “Ajaran Islam sangat menakankah kasih sayang terhadap seluruh alam. Tidak hanya rahmatan lil muslimin (kasih sayang terhadap sesama muslim-Red), tetapi rahmatan lil’alamin (kasih sayang terhadap seluruh alam-Red),” jelas beliau di acara tahunan yang dihadiri lebih dari 600 alumnus madrasah Qudsiyyah tersebut.

Dengan landasan kasih sayang, tambah beliau, dakwah Islam akan mudah diterima oleh masyarakat bukan dengan jalan kekerasan tetapi dengan jalan kelembutan dan kesejukan. “Sehingga Islam akan menentramkan umat,” tegasnya.

Sementara penceramah lain, KH Abdul Ghofur Maimoen, dari Sarang Rembang, juga menekankan pentingnya  kerukunan umat Islam di Indonesia. Apalagi momentum lebaran kali ini diwarnai adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri. “Perbedaan ini jangan kemudian menimbulkan perpecahan,” tanda
nya.

Ia berharap umat Islam di Indonesia akan semakin solid dan menggalang persatuan dan kesatuan demi kemajuan bangsa Indonesia dan kemajuan Islam pada umumnya.

Sementara, Ketua umum IKAQ, Muhammad Ihsan, dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh alumni, agar terus berperan mendukung eksistensi dan kemajuan madrasah yang berdiri sejak tahun 1919 ini. Apalagi, madrasah yang didirikan tokoh nasional asal Kudus KHR Asnawi ini terus berinovasi dan  mengembangkan banyak program, termasuk program Ma’had Qudsiyyah serta rencana madrasah Qudsiyyah putri  yang sedang dirintis.

“Kepedulian alumni inilah yang menjadi salah satu motor pendorong kemajuan madrasah kita tercinta ini. Apalagi even Halal Bihalal ini sangat tepat untuk menyatukan tekad membangun dan memajukan keluarga besar Qudsiyyah,” katanya. (*)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply