Pengenalan Wirausaha bagi Pelajar

QUDSIYYAH, KUDUS – Persatuan Pelajar Qudsiyyah (PPQ) pada Sabtu (28/4/2012) menggelar acara Ceramah Ilmiah Siswa dengan tema “Entrepreneurship for Islamic Students”. Acara yang dilaksanakan di di gedung YM3SK (Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus), Jl Sunan Kudus tersebut merupakan pengenalan sekaligus menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri para pelajar.

Abdul Jalil, praktisi ekonomi, sekaligus wakil Sekretaris Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah (YAPIQ) Menara Kudus dalam pemaparannya sebagai narasumber menyatakan, menjadi seorang pengusaha, seseorang harus mempunyai motivasi. Pak Jalil, memulai awal ceramahnya dengan sebuah pertanyaan singkat, “Dengan apa kita bisa memulai usaha?”.

Ternyata, di dunia, orang berwirausaha itu 63% karena terpaksa, 20% karena hidup di lingkungan pengusaha, dan selebihnya, 17% karena berlatar pendidikan wirausaha.

Entrepreneurship, kata pak Jalil, adalah menemukan hal baru. “Pengusaha akan berhasil jika ia menemukan bahan baru, teknik produksi baru, manajemen baru, atau pasar baru,” jelasnya panjang lebar.

Dengan tegas pak Jalil juga memberi semangat pada para peserta dengan kalimat, hari ini Anda miskin, tapi lusa anda akan kaya. Kalimat ini keluar ketika salah seorang peserta bertanya tentang apakah seharusnya kita sebagai pelajar berwirausaha, padahal tugas utama kita adalah belajar? “Belajar sambil bekerja kan bisa?,” jawabnya.

Narasumber yang lain, Dzikri Fauqi Agbas, pengusaha muda pemilik makan Gentong Sehat Kudus memberikan motivasi serta pengalaman dirinya dalam berwirausaha. “Pecundang akan mengatakan ‘itu bisa dilakukan, tapi sulit’. Tapi, pemberani akan mengatakan ‘itu sulit, tapi bisa dilakukan,” kata dia.

Selain itu, salah satu kunci keberhasilan dalam berwirausaha adalah tidak melupakan sesama. Artinya, bagaimana seseorang mampu memberikan manfaat kepada sekitar. Dengan bersedekah pada orang yang kurang mampu misalnya. Semakin banyak bersedekah, maka jalan menuju keberhasilan semakin mudah.

Nara sumber yang lain, Bambang Tri Waluyo dari Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kudus juga tak kalah dengan yang lain. Ia menyampaikan motivasi dan harapan kepada generasi muda untuk berani berwirausaha.

Acara ceramah ilmiah ini merupakan agenda rutin dari PPQ yang mengundang sedikitnya 250 pelajar dari SMA/MA di kbupaten Kudus serta SMA/MA di luar kota, seperti Pati, dan Jepara. (*)

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Pengenalan Wirausaha bagi Pelajar”

  1. M Saifuddin Alia berkata:

    okke setuju Gus Jalil

Leave a Reply