Sepeda Santai Berlangsung Meriah

QUDSIYYAH, KUDUS – Sepeda santai dalam rangka peringatan Haul pendiri Madrasah Qudsiyyah Kudus, KHR Asnawi ke 54 berlangsung meriah. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (17/5/2012) diikuti sekitar dua ribu peserta.

Para peserta terdiri atas siswa Qudsiyyah mulai tingkatan Ibtidaiyyah (MI), Tsanawiyyah (MTs), dan Aliyah (MA). Selain para siswa kegiatan ini juga diikuti oleh para ustadz, pengurus serta pegawai Madrasah Qudsiyyah.

Para pengurus madrasah seperti H. Nadjib Hassan, KH. Fathur Rahman, KH. Nur Halim, H. Abdul Hamid, H. Sugiarto, M Ihsan, M.Ag, Abdul Jalil, M.EI juga turut serta dengan sepeda kebanggaan masing-masing.

Tepat pukul 06.30 para peserta melaju dengan sepeda masing-masing mulai dari lapangan madrasah di Jl KHR Asnawi, Kelurahan Kerjasan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Perjalan kemudian melalui jalan Jendral Sudirman terus ke timur hingga di pentol sebelah timur pasar Kliwon. Kemudian dilanjutkan ke selatan hingga GOR dan terus ke barat hingga Janggalan dan kembali lagi ke lapangan.

Sekitar pukul 08.30 para peserta sudah berada di lapangan untuk melakukan pengundian hadiah. Sambil melakukan pengundian para peserta juga dihibur oleh grup Rebana Al Mubarok Qudsiyyah Kudus. Para peserta memperebutkan hadiah utama berupa empat sepeda gunung, Televisi, beberapa alat elektronik serta 200 buah hadiah hiburan lainnya.

Ketua Panitia, M Rozikan, M. Pd mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan Haul pendiri madarasah KHR Asnawi. “Ini juga untuk membudayakan hidup sehat dengan berolahraga,” terang ustadz MI Qudsiyyah ini.

Kegiatan lain haul KHR Asnawi antara lain Tahlil Umum pukul 15.30 WIB di Komplek makam Sunan Kudus pada Rabu (16/5) bersama KH Sya’roni Achmadi dan pengajian Umum pukul 19.30 WIB pada Rabu malam di pondok pesantren Raudlatuth Thalibin, Bendan Kerjasan bersama Habib Umar Muthohar.
KHR Asnawi merupakan pendiri Madrasah Qudsiyyah Kudus sejak tahun 1919 M. Beliau juga tokoh nasional pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang lahir di kampung Damaran, Kudus pada tahun 1281 H (+1861 M). Beliau termasuk keturunan ke-14 Sunan Kudus dan keturunan ke-5 KH Mutamakin, seorang wali Kajen Margoyoso Pati.

Tepat pada Sabtu Kliwon tanggal 25 Jumadil Akhir 1378 H, bertepatan tanggal 26 Desember 1959 M, tepatnya jam 03.00 fajar, Mbah Asnawi telah dipanggil pulang ke rahmatullah dalam usia ke 98 tahun. Makamnya terletak di Komplek Makam Sunan Kudus tepatnya di belakang masjid Al Aqsho menara Kudus.

Selain madrasah Qudsiyyah, beliau juga pendiri Pondok pesantren Raudlatuth Thalibin Bendan Kerjasan Kudus. (*)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply