DEKAN ITS VISITASI QUDSIYYAH

QUDSIYYAH, KUDUS – Dekan Fakultas Teknologi Informasi (TI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, DR. Agus Zaenal Arifin, S.Kom., M. Kom melakukan kunjungan ke lembaga pendidikan Qudsiyyah Kudus, pada Jumu’ah (16/11/2012). Salah satu agendanya adalah memantau perkembangan teknologi informasi yang digunakan Qudsiyyah dalam mendukung pengelolaan serta pembelajaran.
Dalam hal manajemen pengelolaan administrasi misalnya, Qudsiyyah telah disarankan untuk menggunakan JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah). Sistem ini diperkenalkan Pak Agus saat tim yayasan Qudsiyyah melakukan studi ke ITS beberapa bulan silam. Kini, kendati belum secara total data diinput ke JIBAS, tetapi pelan-pelan Qudsiyyah, yang kini mengelola Madrasah dan Ma’had akan terus menyempurnakan karena sudah memperoleh manfaat dari program data base ini.
Wakil sekretaris Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah (YAPIQ) Menara Kudus, Abdul Jalil, mengatakan dalam semester ini, kita masih melakukn uji coba untuk program sistem database JIBAS ini. “ Awal tahun kita rencanakan program sudah bias maksimal penggunaanya,” terangnya.
JIBAS merupakan sebuah jaringan sistem informasi sekolah terintegrasi yang membantu pengelolaan sekolah, mengalirkan informasi, menyediakan media komunikasi dan membangun kolaborasi di antara komunitas pendidikan sekolah dari mulai siswa, guru, sekolah, orang tua, pemerintah dan masyarakat umum.

Sistem ini antara lain terdiri atas SIMAKA, SIMKEU, SIMTAKA, EMA, InfoGuru dan Info siswa.

SIMAKA (Sistem Informasi Akademik Sekolah) adalah aplikasi untuk membantu mengelola data-data akademik sekolah. Mulai dari penerimaan siswa baru, pendataan guru dan pelajaran, pendataan siswa dan kelas, penyusunan jadwal mengajar dan kalender akademik, periwayatan kehadiran siswa dan guru, pendataan nilai ujian, perhitungan nilai rapor, kenaikan kelas, pendataan alumni dan pengelolaan mutasi siswa.

SIMKEU (Sistem Informasi Keuangan Sekolah) adalah aplikasi untuk membantu mengelola data-data keuangan
sekolah. Keuangan sekolah dikelola berdasarkan proses akuntansi sederhana. Pengolahan data-data keuangan sekolah meliputi pencatatan penerimaan dan pengeluaran keuangan sekolah, pembuatan berbagai laporan keuangan akuntansi seperti: laporan transaksi keuangan, laporan audit perubahan data keuangan, laporan buku besar, laporan rugi laba, laporan neraca percobaan, laporan neraca, laporan perubahan modal dan laporan arus kas.

SIMTAKA (Sistem Informasi Perpustakaan) merupakan aplikasi yang membantu sekolah untuk mengelola data dan kegiatan perpustakaan, seperti pendataan barang-barang perpustakaan dan pencatataan peminjaman serta pengembalian oleh anggota perpustakaan.

EMA (Executive Summary Report) Pelaporan Eksekutif merupakan aplikasi yang menampilkan berbagai laporan terpadu bagi para eksekutif sekolah, seperti: pihak yayasan, kepala sekolah, pejabat dinas pendidikan atau donatur sekolah. Contoh laporan yang ditampilkan seperti laporan data siswa, laporan penilaian siswa, laporan kepegawaian, laporan penerimaan dan pengeluaran keuangan, laporan transaksi keuangan harian, laporan arus kas sekolah dan laporan lainnya.

InfoGuru merupakan aplikasi yang menyediakan media informasi dan komunikasi antara guru dengan siswa di lingkungan sekolah. Guru dapat mengakses berbagai data akademik, seperti: data presensi dan nilai siswa serta jadwal mengajar. Guru dapat menyebarkan pengumuman dan berbagi informasi dengan mengunggah berkas- berkas dan menulis berbagai berita. Guru juga dapat berkomunikasi dengan mengirim pesan kepada sesama guru atau siswa.

InfoSiswa merupakan aplikasi yang menyediakan media informasi dan komunikasi antara siswa dengan guru di lingkungan sekolah. Siswa dapat membaca dan melihat berbagai informasi dan laporan akademik miliknya, seperti: data nilai dan presensi, informasi jadwal dan kalender. Siswa dapat menulis berbagai berita yang bisa dibaca dan dikomentari rekan-rekannya. Siswa juga dapat berkomunikasi dengan mengirim pesan dengan sesama siswa dan guru di sekolah.

“Kita akan terus mengembangkan manajerial dan pendidikan serta pembelajaran di Qudsiyyah berbasis IT, agar semakin berhasil,” tambahnya. (*)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply