Manfaatkan Teknologi Sebagai Wasilah

QUDSIYYAH, KUDUS – Tenaga pendidik hendaknya selalu kreatif mengembangkan metode pembelajaran terhadap peserta didik. Tujuannya, agar proses belajar mengajar berhasil sesuai dengan tujuan pemblejaran dan pendidikan yang diinginkan.
Demikian salah satu pesan dari Dekan Fakultas Teknologi Informasi (TI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, DR. Agus Zaenal Arifin, S.Kom., M. Kom. dalam kunjungannya di lembaga pendidikan Qudsiyyah Kudus, Jumu’ah (16/11/2012).
“Jangan selalu stagnan dengan cara lama. Sekarang itu berbeda dengan zaman dulu, siswa sekarang semakin banyak gangguannya, jadi guru harus semakin pintar berinovasi dalam pembelajarannya,” uangkapnya di hadapan para asatidz madrasah Qudsiyyah dari mulai tingkat Ibtidaiyyah, Tsanawiyyah, hingga Aliyah.
Salah satu yang bisa dilakukan. Lanjut dia, adalah dengan menggunakan wasilah teknologi. Hasil pembelajaran akan semakin meningkat bila ada timbale balik dari guru dan peserta didik. “Dengan hanya murid mendengarkan hasilnya hanya 5 persen. Dengan bantuan gambar, hasilnya meningkat sekitar 15 persen, dengan bantuan video meningkat lagi menjadi sekitar 40 persen, dan akan semakin baik lagi dengan menggunakan alat bantu ajar yang lengkap kemudian dilakukan diskusi, hasilnya akan semakin meningkat,” kata dia.
Oleh karenanya dia berharap lembaga pendidikan Qudsiyyah akan semakin maju dengan dukungan dari perkembangan teknologi. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan dukungan teknologi agar lebih berhasil dalam pembelajaran kitab kuning. Dengan maktabah syamilah, dengan e-learning. “Prinsipnya tenaga pendidik harus kreatif menggunakan banyak cara dan juga menggunakan banyak alat bantu ajar,” tambahnya. (*)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply