PENDAFTARAN SANTRI BARU: DATANG, TES, LANGSUNG PENGUMUMAN KELAS

QUDSIYYAH, KUDUS – Ada yang berbeda dengan pendaftaran santri baru Madrasah Qudsiyyah (MI, MTs, MA) tahun ini. Bila sebelumnya harus meluangkan beberapa hari untuk melakukan pendaftaran sendiri, tes sendiri, dan pengumuman sendiri, kini hal tersebut dapat dirampingkan hanya butuh satu hari saja. Mulai tahun ini, pendaftaran santri baru dapat ditempuh dengan satu hari bisa langsung rampung dan dapat diketahui penempatan kelas lanjutan sesuai hasil tes.

Menurut Ketua Panitia, H. Nurul Adlha, pendaftaran dengan sistem “one day services” atau layanan satu hari langsung final dan diketahui hasil akhir penempatan kelas adalah langkah untuk meningkatkan pelayanan bagi wali santri calon santri Qudsiyyah. “Jadi cukup sehari saja, bisa rampung dan diketahui hasil akhirnya,” tegasnya.

Dijelaskan lebih lanjut,calon santri baru dan wali santri cukup sekali datang ke madarasah untuk melakukan pendaftaran dan melengkapi administrasi. Setelah itu di hari yang sama akan langsung dilakukan tes dan langusng diketahui hasilnya serta hasil penempatan kelasnya. Adapun untuk tes yang dilakukan adalah tes membaca Al- Qur’an dan tes tertulis berupa Nahwu, Shorof, I’lal, dan I’rab. Setelah “Khusus bagi yang masuk kelas satu MI tidak perlu melakukan tes, Untuk yang mau masuk ke tingkat Aliyah, ditambah tes membaca kitab Taqrib,” tambahnya.

Pendaftaran sendiri secara resmi dibuka mulai 18 – 26 Sya’ban 1435 H bertepatan dengan 16 – 24 Juni 2014 TU setiap hari Sabtu – Kamis mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB. Sedangkan gelombang dua dibuka pada 27 Sya’ban – 25 Ramadhan 1435 H/ 25 Juni – 23 Juli 2014 TU. Adapun persyaratan administratifnya meliputi :

1. Mengisi formulir pendaftaran dan membayar uang pangkal sebesar Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah)

2. Menyerahkan uang infaq pengembangan madrasah sebesar Rp 1.100.000,- (Satu juta seratus ribu rupiah)

3. Foto Copy Akte kelahiran/Surat kenal lahir sebanyak 2 lembar

4. Foto copy kartu keluarga /KK sebanyak 2 lembar

5. pas foto hitam putih/berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

6. Foto copy raport terakhir/ijazah sebanyak 2 lembar

7. Semua persyaratan dimasukkan dalam stop map warna kuning bagi yang masuk 1 MI, dan stop map warna hijau bagi calon santri di kelas lanjutan (MTs, Aliyah).

Lebih lengkapnya brosur pendaftaran bisa didownload di sini. (*)

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply