Qudsiyyah Gelar Maulid Nabi

QUDSIYYAH, KUDUS – Sebelum libur semesteran, Madrasah Qudsiyyah Kudus, pada Sabtu (19/12/2015) melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Bertempat di lapangan MTs Qudsiyyah, acara ini berlangsung meriah dengan dihadiri sekitar 1500 santri dari MTs dan MA Qudsiyyah.
Dalam rangkain acaranya, dimulai dengan pembacaan ayat suci al Qur’an dilanjutkan dengan shalawat Asnawiyyah dan pembacaan Maulid Simtud Duror. Dengan iringan grup rebana Al Mubarok, acara maulid tersebut semakin meriah. Dalam Mauidhoh yang disampaikan oleh sesepuh Qudsiyyah, KH Sya’roni Ahmadi. Beliau berpesan agar saat peringatan Maulid Nabi menghadirkan rasa cinta terhadap Nabi.

Beliau mencontohkan apa yang dilakukan Abu Lahab, paman Nabi, saat mendengar kelahiran Nabi. Abu Lahab riang gembira dan juga memerdekan budaknya yang bernama Tsuwaibah.“Karena kegembiraan Abu Lahab itu, ia yang telah dicap kafir dan masuk neraka, setiap hari Senin siksanya dikurangi,” ungkap KH Sya’roni.
Beliau melanjutkan, orang kafir saja bisa dikurangi siksanya, apalagi orang mukmin yang cinta dan mengagungkan Nabi. Selanjutnya, Mbah Yai Sya’roni berpesan agar dalam peringatan Maulid Nabi ini setelah cinta dan mengungkan nabi dan meniru dan meneladani akhlak Nabi. “Kalau belum bisa sepenuhnya, maka dimulai sedikit demi sedikit,” katanya. Terakhir, Nadhir Qudsiyyah ini berpesan kepada seluruh santri Qudsiyyah agar menjadi santri yang Shalih, yang ibadahnya tekun serta perilakunya baik di masyarakat.

Mauidhoh berikutnya, disampaikan oleh Al-Mudirul ‘Am Madrasah Qudsiyyah, KH. Nur Halim Ma’ruf. Dalam pesannya, beliau menyampaikan pentingnya meningkatkan ibadah bagi santri, khususnya sholat jama’ah.
Dalam acara tersebut juga di akhir acara dibagikan hadiah bagi para pemenang yang telah mengikuti lomba classmeeting yang digelar oleh Persatuan Pelajar Qudsiyyah (PPQ) selama lima hari sebelumnya, yakni pada Ahad – Kamis, 13-17 Desember 2015. Sementara itu untuk santri tingkat MI, pada hari yang sama juga digelar peringatan Maulid Nabi yang bertempat di Aula MI Qudsiyyah Kudus. (*)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply