Roadshow Pengajian 3 Kota, Teladani Dakwah Mbah Asnawi

Mbah Asnawi adalah sosok ulama yang pada zamannya dikenal dengan gaya dakwahnya yang lugas, tegas dan merakyat. Beliau merupakan kyai sepuh yang diajak oleh KH. Wahab Hasbullah untuk memrakarsai dibentuknya Nahdlatul Ulama. Dakwah mbah Asnawi langsung menyentuh rakyat dan tak segan ‘turba’ untuk mencari dan menyelesaikan masalah di masyarakat.

Nguri-uri semangat ghiroh dakwah dari KHR, begitulah harapan Kegitan 1 abad Qudsiyyah. Bertajuk Roadshow Pengajian “Meneledani Dakwah KHR. Asnawi”, Qudsiyyah hendak merefleksikan dakwah mbah Asnawi dari daerah ke daerah, tanpa mengenal batas wilayah. Menurut H. Nadjib Hassan, Ketua YAPIQ, mbah Asnawi berjalan kaki setiap hari jumuah pagi untuk mengajar di salah satu Masjid daerah Muria, dan selalu berkeliling untuk mengingatkan shalat ke masyarakat. “Bahkan sampai hal sepele, seperti mengingatkan warga yang menghidupkan radio di waktu orang-orang shalat”, tambahnya.

Ihsan, selaku ketua panitia menjelaskan bahwa santri dan Mutakhorrijin Qudsiyyah berasal dari daerah-daerah di pesisiran dan pinggir di kabupaten Kudus, Jepara dan Demak. Maka dalam rangka memeriahkan semarak satu abad Qudsiyyah Kudus, tidak hanya di dalam kota saja, tetapi di daerah-daerah kantung alumni, juga disemarakkan dengan aneka kegiatan gebyar 1 abad Qudsiyyah‬.

Saat ini panitia telah mengagendakan 10 roadshow pengajian, adapun puncaknya akan diadakan pada puncak acara 1 abad Qudsiyyah‬ Agustus mendatang. Di kabupaten Kudus, 8 kecamatan akan diadakan kegiatan dakwah dan pengajian umum yang akan menghadirkan muballigh dari Qudsiyyah serta da’i-dai dari alumni daerah setempat. Pengajian umum juga dimeriahkan dengan penampilan grup rebana Al-Mubarok Qudsiyyah Kudus berkolaborasi dengan Grup rebana setiap kecamatan, sehingga daya tarik masyarakat akan semakin ramai. Kegiatan ini akan menggandeng dari ormas atau kelompok organisasi masyarakat setempat. Jadi Pengajian ini bersifat umum, tidak untuk para alumni di kecamatan saja, tetapi lebih luas untuk para masyarakat.

Ali Yahya, Koordinator kegiatan ini menyampaikan kegiatan meneladani Dakwah KHR Asnawi ini paling tidak memberikan tausiyah dan menekankan pentingnya kita meneladani gaya dan ciri khas dakwah yang dilaksanakan pendiri Qudsiyyah, KHR. Asnawi. Dijelaskan oleh Sekretaris Panitia, Abdul Jalil bahwa paling tidak ada lima aspek yang akan dibedah dalam pengajian yang terbuka untuk umum ini, yakni; Dakwah Keumatan, Kebangsaan, Ibadah, Kebudayaan dan kemandirian.

Adapun agenda pengajian Roadshow berlangsung dari tanggal 17 April – 26 Mei 2016. Berikut jadwal waktu dan tempat pengajian

  1. A3 - Pamflet RoadshowMalam Senin,10 Rajab 1437/ 17 April 2016 wilayah Kaliwungu di Masjid Baiturrahim, Dukuh Tumang wetan Desa Papringan,. Kec. Kaliwungu
  2. Malam Kamis, 13 Rajab 1437/ 20 April 2016 wilayah Jekulo di Masjid al-Hidayah, Desa Hadipolo, Kec. Jekulo
  3. Malam Senin, 17 Rajab 1437/ 24 April 2016 wilayah Bae di Masjid Nurul Mubin, Desa Bae, Kec Bae
  4. Malam Kamis, 20 Rajab 1437/ 27 April 2016 wilayah Gebog di Masjid Baitul Adhim, Ngaringan Klumpit, Kec. Gebog
  5. Malam Ahad, 23 Rajab 1437/ 30 April 2016 wilayah Jati di Desa Jepang Pakis, Kec. Jati
  6. Malam Senin, 2 Sya’ban 1437/ 8 Mei 2016 wilayah Dawe di Masjid Baiturrahman Desa Cendono, Kec. Gebog
  7. Malam Rabu, 4 Sya’ban 1437/ 10 Mei 2016 wilayah Undaan di Masjid KUA Desa Ngemplak, Kec. Undaan
  8. Malam Senin, 9 Sya’ban 1437/ 16 Mei 2016 wilayah Mejobo di Desa Kirig, Kec. Mejobo
  9. Malam Kamis,12 Sya’ban 1437/ 18 Mei 2016 wilayah Karanganyar Demak
  10. Malam Jumu’ah, 20 Sya’ban 1437/ 26 Mei 2016 wilayah kec. Demak di Lengkong Mulyorejo Kec Demak Kab Demak
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply