Qudsiyyah Gelar Rajabiyyah dan MBSR

Rajabul Ashom, bulan yang dimuliakan oleh Allah dimana Nabi-Nya diberangkatkan dan diangkat dalam prosesi Isra’ Mi’raj. Sebagai generasi penerus umat Muhammad SAW memperingati Rajabiyyah adalah cara kita merayakan dan merefleksi kejadian agung silam. Bersama PPQ, Qudsiyyah menggelar Rajabiyyah dan MBSR (Menyongsong Bulan Suci Ramadlan) pada Rabu (4/5) di 2 tempat sekaligus. Santri MI bertempat di Lantai 2 Gedung MI Qudsiyyah, sedangkan kegiatan untuk santri MTs dan MA dipusatkan di Gedung YM3SK.

Menurut panitia pelaksana, Kegiatan rajabiyyah tidak hanya memperingati isra’ mi’raj tetapi sebagai bentuk ta’dhim bulan rajab yang penuh dengan fadhilah. Adapun MBSR memang telah menjadi tradisi di Qudsiyyah dalam menyambut bulan Ramadlan.

Dengan mengadakan pengajian dan menyerukan akan dekatnya bulan puasa, santri dibekali bentuk-bentuk ibadah dalam Bulan Ramadlan. Tradisi MBSR telah ada di Qudsiyyah sejak lama dan diprakarsai oleh KH. Sya’roni Ahmadi. Sebuah hadits menerangkan bahwa bahagia memasuki Bulan Ramadlan akan dijamin dari api neraka.

Menurut Salah satu staf guru, Ali Yahya, untuk tahun ini, MBSR dibarengkan dengan rajabiyyah karena tuntutan kalender pendidikan, biasanya MBSR diadakan pada bulan Sya’ban akan tetapi tahun ini tidak sesuai jadwalnya.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply