TEATER QUDSIYYAH RAIH JUARA III FTP 2016

QUDSIYYAH, KUDUS – Kerja keras tim teater Jangkar Bumi MA Qudsiyyah Kudus memberikan hasil yang cukup apik. Setelah beberapa kali ikut serta dan tidak bisa masuk di babak final, kini Teater yang dibimibing oleh alumni Qudsiyyah, Miftah Ali dan Nor Kholis ini, mampu masuk di babak final dan merebut juara III dalam Festival Teater Pelajar tahun 2016.

Dalam pengumuman yang dibacakan oleh tiga dewan juri, yakni seorang pemain film, aktor panggung dan juga sutradara, Sha Ine Febriyanti, Agus “Kriwil” Syarofuddin, Aktor Teater Kudus dan Gunawan “Cindhil” Maryanto, awak teater Garasi Yogyakarta, teater Qudsiyyah dengan lakon berjudul “Ngaluamah” mampu mengungguli tiga kelompok terater SMA/MA lain yang juga tampil di babak final. Adapun kelompok terater yang meraih juara 2 adalah Teater Studio One, SMA 1 Kudus, dengan lakon “Calon Arang”, dan juara pertama diarih Teater Apotek, SMK Duta Karya dengan menampilkan naskah berjudul “Selat Pemisah”.

Festival Teater Pelajar 2016 dibagi ke dalam dua tahap, yakni babak seleksi dan final. Babak seleksi sudah diadakan di sekolah masing-masing, dari 31 Oktober hingga 9 November. Ada 37 pertunjukan teater pelajar peserta FTP. Sebanyak 11 teater pelajar tingkat SMP dan 26 teater pelajar tingkat SMA.

Kemudian, ada 9 teater pelajar teater terbaik yang lanjut ke babak final yag digelar pada Sabtu dan Ahad, 19 – 20 November 2016 mulai pukul 13.00 di GOR Djarum Kaliputu Kudus. Dengan mengadaptasi dongeng khas Indonesia, inilah para finalis Festival Teater Pelajar 2016 yang maju ke babak
final. Untuk tingkat SMP, antara lain: Teater Ukur – MTs NU Maslakul Falah dengan naskah Baru Klinting, Teater NSA – SMP 3 Satu Atap Gebog dengan The Legend of Malin Kundang, Teater Espero – SMP 2 Kudus dengan Jaka Tarub.

Sementara di tingkat SMA, finalisnya adalah Teater Studio One – SMA 1 Kudus dengan Calon Arang, Teater Ganesha – SMA 2 Kudus menampilkan Timun Mas, Teater Sate Madu – MAN 2 Kudus dengan Mbako Melayang, Teater Jangkar Bumi – MA NU Qudsiyyah dengan naskah Ngaluamah, Teater X-Miffa – SMK NU Miftahul Falah yang menampilkan Ande Ande Lumut dan Teater Apotek – SMK Duta Karya dengan naskah Selat Pemisah.

Adapun juara Kelompok tingkat SMP adalah terbaik 3, diraih oleh Teater Mts NU Maslakul Falah, terbaik 2, diraih oleh Teater Espero SMP 2 Kudus, dan terbaik 1, diraih oleh Teater SMP 3 Satu Atap. (Kharis)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply