KEPUNGAN SEGO KEPEL DI HARI SANTRI NASIONAL

QUDSIYYAH, KUDUS – Kepungan sego kepel yang diikuti oleh ratusan santri MI Qudsiyyah Kudus menjadi puncak acara kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017 di MI Qudsiyyah Kudus, pada Ahad, 22 Oktober 2017 di halaman MI Qudsiyyah, Kerjasan Kota Kudus. Beralaskan daun pisang, berisi nasi putih satu kepel, sambal goreng, telur dan kerupuk, ratusan santri berjajar dan mengepung nasi kepel tersebut secara serentak. Usai dikomando, semua santri langsung memakan nasi kepel tersebut hingga tuntas tak tersisa.

Kegiatan kepungan nasi santri ini merupakan salah sati dari berbagai kegiatan peringatan HSN, 22 Oktober di MI Qudsiyyah tahun 2017. Acara ini dipandegani oleh pihak madrasah beserta paguyuban wali santri MI Qudsiyyah. Beberapa acara lainnya antara lain, upacara Hari Santri Nasional, Ziarah dan Khatmil Qur’an di makam pendiri Qudsiyyah, KHR Asnawi, lampah laku bareng santri, Badum sego bungkus untuk fakir miskin, nyumbang buku, dan tali asih.

Kepungan nasi oleh santri ini sebagai salah satu wahana untuk bahwa meningkatkan kebersamanaan dan kerjasama sebagai ciri khas dan kekuatan masyarakat bangsa ini. Di samping itu, kepungan nasi ini sangat tepat untuk mengingatkan kembali tradisi santri makan kepungan bersama-sama yang kini mulai jarang adanya dan tergeser dengan nasi kotak maupun nasi bungkus.

Kepala MI Qudsiyyah, M. Aftoni mengatakan, Kegiatan ini mengangkat tema “Santri Mandiri, NKRI Hebat”. Diharapkan melalui kegiatan dan tema ini semua santri madrasah untuk senantiana selalu belajar yang rajin untuk menjadi generasi penerus bangsa Indonesia yang akan datang. “Lebih dari itu, para santri diharapkan siap sedia untuk membela tanah air Indonesia dan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, sehingga negeri Indonesia ini menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur,” jelasnya. (Kharis)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply