HAUL KE 60 KHR ASNAWI BAKAL MENGUNDANG RAIS AAM SYURIAH PBNU

QUDSIYYAH, KUDUS – Bulan Jumadal Akhirah merupakan bulan peringatan Haul Pendiri NU, KHR Asnawi. Salah satu acara yang bakal digelar adalah pengajian umum dengan mengundang Rais ‘Aam PBNU, KH. Ma’ruf Amin.  Pengajian yang diselenggarakan oleh keluarga besar Pondok Pesantren Radlatuth Tholibin, pada Selasa malam (13/3/2018) ini juga mengundang Habib Umar Al Muthohhar dari Semarang.

 

Sebelum pengajian umum dilaksanakan, pada sore harinya dilaksanakan Tahlil umum di komplek makam Sunan Kudus, tempat dimana tokoh Nasionalis dari Kudus ini dimakamkan. Tahlil umum diselenggarakan pada Selasa sore, 25 Jumadal Akhirah 1439 H (13/3/2018) sekitar pukul 15.30 WIB.

 

Kyai Haji Raden Asnawi merupakan ulama kharismatik dari Kudus yang begitu besar jasanya. Salah satu peninggalan beliau dalam bidang pendidikan adalah pondok pesantren Raudlatul Tholibin (berdiri tahun 1927) dan Madrasah Qudsiyyah (berdiri tahun 1919). Hingga kini, dua lembaga pendidikan tersebut terus eksis mengembangkan Islam ahlussunnah wal jama’ah.

 

Lahir di Damaran Kudus pada tahun 1861, KHR Asnawi kecil diberi nama Raden Ahmad Syamsyi, putra pasangan H. Abdullah Husnin dan Raden Sarbinah. Raden Asnawi merupakan keturunan ke-14 dari Sunan Kudus (Sayyid Ja’far Shadiq) dan keturunan ke-5 dari Kyai Haji Mutamakin, seorang wali di desa Kajen Margoyoso Pati, yang hidup pada zaman Sultan Agung Mataram. Beliau meninggal pada usia 98 tahun, tepatnya pada Sabtu Kliwon, 25 Jumadal Akhirah 1379 H/ 26 Desember 1959 M. (Kharis)

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply