Profil Persatuan Pelajar Qudsiyyah

Madrasah Qudsiyyah sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua yang ada di Kabupaten Kudus, dalam upaya mencapai visi dan misinya untuk mengadakan pendidikan yang mampu menelorkan alumni-alumni yang siap membaur dalam kehidupan masyarakat. Semua bekal yang dibutuhkan oleh siswa, diajarkan oleh Madrasah Qudsiyyah, baik agama, umum termasuk didalamnya life skill yang dikembangkan oleh Persatuan Pelajar Qudsiyyah (PPQ).

PPQ mulai berkiprah sekitar tahun 1970an ditandai dengan terbentuknya kepengurusan PPQ, sebagai Ketua Umum PPQ yang pertama adalah Drs. H. Nadjib Hassan, yang sekarang menjadi ketua pengurus YAPIQ (Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah).

PPQ adalah sama seperti OSIS di sekolah-sekolah pada umumnya, menjadi mercusuar kegiatan-kegiatan seluruh siswa. Namun yang menjadi ciri khas PPQ, bahwa PPQ tidak hanya mengurusi satu tingkatan saja (Aliyah, atau Tsanawiyyah saja) tetapi anggota PPQ adalah semua siswa Madrasah Qudsiyyah mulai dari tingkat MI, MTs dan MA. Dengan demikian diharapkan PPQ dapat menjadi suri tauladan bagi siswa-siswa yang lain.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan PPQ merupakan cerminan dari minat, bakat, kreatifitas dan intelegensitas dari semua anggota PPQ. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan, baik ketegori keagamaan, kepramukaan, jurnalistik maupun seminar-seminar dengan mendatangkan tokoh-tokoh yang kompeten sesuai bidangnya.